Search

Translate

Dapatkan Diskon 20% sampai 30% Setiap Pembelian Buku Refika Aditama Di Toko Buku Terkemuka Di Kota Anda, Penerbit Refika Aditama, Jl.Mengger Girang No.98 Soekarno Hatta Bandung Telp.022 5205985 fax.0225205984 SMS Centre 0878 2566 5051

Hukum Tata Pemerintahan Heteronom Dan Otonom

http://4.bp.blogspot.com/-kj43S7s5QFE/UI9cg-wblyI/AAAAAAAAAKM/SHBQX8M4Eps/s170/SPO59.tif
Rp.37.000,-
Hubungan hak dan kewajiban antara Pemerintah dengan pihak yang diperintah tidak saja menjadi suatu hubungan yang berlangsung dalam kerangka pemerintahan, akan tetapi ia menjadi suatu kerangka hubungan hukum yang secara mendasar diatur dalam konstitusi Negara. Pihak yang diperintah dalam konteks kedaulatan adalah dikonsepsikan sebagai Rakyat, namun dari konsepsi inilah menempatkan rakyat dalam peran dan status yang sangat luas.

Rakyat dapat berperan sebagai warga Negara ketika konsep rakyat diletakkan dalam konstruk hak dan kewajiban. Ia pun dapat berperan sebagai penduduk ketika peran diletakkan sebagai pihak yang digarap pemerintah, pihak yang dapat dibebani sejumlah kewajiban melalui otoritas yang dimiliki pemerintah.
Namun ketika Pemerintah memerlukan aparat penyelenggara kegiatan yang diemban, maka pemerintah pun secara sepihak karena otoritas yang dimilikinya, dapat mengangkat Rakyat dalam kapasita sebagai warga Negara untuk menjadi aparatur pemerintah yang terimplementasi pada keberadaan Pegawai Negeri Sipil, Jabatan, Dinas dan Badan serta jawatan. Sebaliknya dalam kerangka otoritas pengangkatan, mala Pemerintah pun memiliki otoritas memindahkan dan memberhentikan. Semua hubungan yang tercupta antara Pemerintah karena otoritasnya dengan Warga Negara enjadi/tidak lagi menjadi Aparatur Pemerintah adalah substansi Hukum Tata Pemerintahan Otonom termasuk di dalamnya hubungan otoritas yang sifatnya istimewa yang terwujud dalam otoritas keputusan sepihak yang diambil dan diberlakukan terhadap warga Negara.
 

Baca Juga Buku Terkait Lainnya!!