Rp.52.000,- |
Tidak ada suatu perusahaan atau bisnis apapun yang tidak
menghasilkan suatu produk untuk ditawarkan kepada pasar. Fungsi dari manajemen
operasi adalah mengelola proses transformasi input menjadi output berupa
produk, yaitu barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan atau suatu bisnis
untuk ditawarkan kepada pasar. Karena itu, manajemen operasi mempunyai peran
penting dan merupakan jantung dari suatu usaha bisnis ( the heart of a business
enterprise ).
Berbagai keputusan dalam manajemen operasi, tentunya perlu
dibuat untuk mendukung suatu perusahaan dalam menghasilkan prosuk yang bernilai
tambah. Salah satu pendekatan yang dibutuhkan untuk membantu pengambilan
keputusan tersebut, yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif (
quantitative approach ). Pendekatan kuantitatif yang dimaksud dalam kaitan ini,
dinyatakan dalam suatu model matematika atau formulasi-formulasi tertentu.
Motode-metode dalam pendekatan kuantitatif yang disajikan
dalam buku ini, hanya sebagian atau beberapa dari sejumlah metode yang dapat
digunakan sebagai alat ( tools ) untuk membantu pengambilan keputusan dalam
manajemen operasi.
Pendekatan kuantitatif yang diuraikan dalam buku ini tidak
hanya menjelaskan tentang pengertian, penggunaan, keterbatasan, dan kelebihan
dari suatu metode, serta langkah-langkah penyelesaikan dengan menggunakan
setiap metode tertentu, serta penjelasan mengenai hasil penyelesaiannya.
Metode-metode dalam pendekatan kuantitatif ini disajikan secara sederhana,
dengan maksud agar para pembaca mudah untuk memahaminya.
Baca Juga Buku Terkait Lainnya!!