Search

Translate

Dapatkan Diskon 20% sampai 30% Setiap Pembelian Buku Refika Aditama Di Toko Buku Terkemuka Di Kota Anda, Penerbit Refika Aditama, Jl.Mengger Girang No.98 Soekarno Hatta Bandung Telp.022 5205985 fax.0225205984 SMS Centre 0878 2566 5051

Sosiologi Untuk Universitas

Rp.82.000,-
Pertama kali mengenal sosiologi, pasti dalam benak kita akan terbayangkan bahwa sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan. Ilmu yang kajiannya khusus dikaji oleh jurusan sosiologi, dan oleh para sosiolog. Dalam kajian Filsafat, Hukum, Komunikasi, Manajemen, Ekonomi, Politik, serta Agama, sosiologi adalah sebagai ilmu bantu terhadap kinerja ilmu-ilmu tersebut.

Apakah sosiologi itu sebenarnya? secara sederhana dapat kita katakan bahwa sosiologi adalah ilmu tentang kemasyarakatan, ilmu yang berbicara tentang
kemasyarakatan. Menurut sejarahnya, sudah banyak tokoh yang mencoba mengamati manusia dan masyarakat mulai dari Konfuncius, Plato, Aristoteles, lbn kaldun, bahkan William Shakespeare, mereka telah membuatrefleksi tentang kehidupan manusia pada zamannya masing-masing. Barulah kemudian tahun 1838, Auguste Comte mematenkan istilah sosiologi sebagai cara baru melihat dunia, khususnya masyarakat yang menghidupi dunia ini. Comte menawarkan sebuah cara pandang melihat masyarakat sebagai apa adanya (yang kemudian terkenal dengan aliran posotivisme).

Sosiologi merupan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pergaulan hidup antara seseorang dengan seseorang, perseorangan dengan golongan atau golongan dengan golongan. Dengan demikian terhadap dua unsur pokok dalam sosiologi, yaitu manusia dan hubungan sosial (masyarakat). Terdapat berbagai pendapat tentang kedudukan individu dan masyarakat ini. Di satu pihak ada yang berpendapat bahwa individu lebih dominan daripada masyarakat, tetapi pihak lain berpendapat bahwa  masyarakat lebih dominan daripada individu. Sementara itu, terdapat pendapat yang mengambil posisi tengah yang mengatakan bahwa antara individu dan masyarakat terjadi proses saling mempengaruhi.

Demikian sekelumit bagian isi dari buku ini, memang menarik mengikuti bahasan sosiologi karena kita adalah entitas dalam komunitas besar makhluk sosial. Buku ini membawakan tema yang luas, menarik buat siapa pun terlebih bagi awam dan mahasiswa yang mengambil studi sosiologi diberbagai jurusan dan fakultas, sebagaimana buku ini diperuntukan.
Baca Juga Buku Terkait Lainnya!!