Search

Translate

Dapatkan Diskon 20% sampai 30% Setiap Pembelian Buku Refika Aditama Di Toko Buku Terkemuka Di Kota Anda, Penerbit Refika Aditama, Jl.Mengger Girang No.98 Soekarno Hatta Bandung Telp.022 5205985 fax.0225205984 SMS Centre 0878 2566 5051

Wacana Kelas

Rp.44.000,-
Pasal 4 ayat (5) UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menuntut kompetensi sosial sebagai kemampuan pendidik dalam berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua atau wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Kurikulum 2006 yang telah dikenal dengan KTSP sebagai standar isi pembelajaran menuntut diterapkannya hubungan dan sikap saling meneriima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara pendidik dan peserta didik. Untuk itu, prinsip relasi yang
dibangun adalah ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani antara pendidik dan peserta didik ( Permendiknas, No.22/2006, bab II poin d).
Namun, standar kompetensi social dalam ‘regulasi’ itu belum secara khusus membahas bahasa yang ‘khas’ antara pendidik dan peserta didik dalam transaksi dan interaksi pembelajaran dalam wacana kelas. Padahal kekhasan bahasa pendidik dalam wacana kelas terbangun secara ‘siklis’ mulai tahap penyiapan situasi (teacher structuring), undangan merespon kepada peserta didik melalui pertanyaan dan tugas (teacher soliciting), respon peserta didik terhadap pertanyaan atau tugas yang diberikan oleh pendidik (leaner responding), dan tanggapan pendidik terhadap respon peserta didik ( teacher reacting), berupa pemberian penguatan (reinforcement), koreksi atau remediasi, atau pemberian solisitasi lanjutan untuk meningkatkan keaktifan dan keterlibatan peserta didik dalam interaksi pembelajaran.
Buku ini memaparkan tentang bagaimana bahasa khas pendidik untuk menanamkan budi pekerti peserta didik, modus bahasa pendidik yang digunakan, serta fungsi edukatifnya.
Baca Juga Buku Terkait Lainnya!!